Perawatan Herniated Nucleus Pulposus (HNP) atau Saraf Terjepit

Perawatan Herniated Nucleus Pulposus (HNP)atau Saraf Terjepit

Bagi Anda yang menderita Herniated Nucleus Pulposus (HNP) atau orang awam sering menyebutnya sebagai saraf terjepit, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa opsi perawatan atau hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala Anda.

Tindakan Non-Operasi untuk Saraf Terjepit

Tindakan non-operasi yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat di tempat tidur dan menggunakan berbagai obat-obatan atas dasar anjuran dokter untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Obat non-steroid anti-inflamasi sering digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Terapi fisik juga dapat dimasukkan ke dalam rencana perawatan pasien. Contoh terapi fisik ini antara lain olahraga, pijat, termoterapi, serta alat yang dirancang untuk mendukung punggung Anda, misalnya sebuah korset dan sabuk punggung. Perlu diingat bahwa sebagian besar pasien yang menderita saraf terjepit akan sembuh tanpa operasi.

 

Tindakan Operasi untuk Saraf Terjepit

Ketika tidak ada perubahan yang signifikan setelah perawatan non-operasi, operasi mungkin akan menjadi pilihan selanjutnya.

  • Discetomyadalah pengangkatan sebagian atau seluruh piringan intervertebral yang bersinggungan.
  • Microdiscectomyadalah discetomy yang menggabungkan penggunaan mikroskop untuk memperbesar bidang operasi selama pengangkatan piringan tersebut.

Pemulihan dari Herniated Disc

Tidak peduli perawatan saraf terjepit mana yang Anda coba, penting bagi Anda untuk mengikuti instruksi dokter dan/atau ahli terapi fisik.

Tetap menjaga berat badan Anda dalam kondisi ideal dan terus ikuti latihan dan program rehabilitasi yang dirancang oleh ahli terapi fisik Anda di rumah. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mencegah nyeri lebih lanjut yang ditimbulkan oleh saraf terjepit. Berikut adalah rumus untuk menghitung indeks massa tubuh Anda

BACA INFO LAIN  Terapi Fisik untuk Saraf Terjepit

IMT = Berat badan (kg) / Tinggi Badan Kuadrat (m)

Hasil

18,4 ke bawah : Berat badan kurang

18,5 – 24,9 : Berat badan ideal

25 – 29,9 : Berat badan lebih

30 – 39,9 : Gemuk

40 ke atas : Sangat gemuk

Perawatan Saraf Terjepit yang Mana yang Tepat untuk Anda?

Dokter Andalah yang paling mengetahui kasus Anda. Dia dapat merekomendasikan rencana perawatan saraf terjepit khusus untuk Anda. Perawatan ini akan mempertimbangkan kesehatan Anda secara keseluruhan, kondisi lain yang mungkin Anda miliki, tingkat aktivitas fisik Anda saat ini, gaya hidup Anda, dan gejala-gejala Anda.

 

Ingatlah bahwa mungkin Anda perlu mencoba beberapa perawatan sebelum menemukan perawatan yang cocok yang bisa meredakan rasa sakit anda. Hal ini baik-baik saja dan normal. Anda dan dokter Anda adalah tim. Kalian harus saling bekerja sama untuk mengobati nyeri akibat saraf terjepit dan gejala lainnya. Jadi, perhatikan baik-baik perawatan apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil.

Rencana perawatan saraf terjepit memiliki satu tujuan yaitu untuk mengurangi rasa sakit dan membuat Anda kembali menjalani kehidupan yang normal. Jadi, terus semangat apabila Anda punya saraf terjepit karena Anda pasti bisa menemukan solusinya!

Jangan lupa membaca kisah saya mengenai sembuhnya bapak saya secara total dari HNP.

4 Responses for Perawatan Herniated Nucleus Pulposus (HNP) atau Saraf Terjepit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *