Perbedaan nyeri punggung biasa dengan syaraf kejepit

Perbedaan nyeri punggung biasa dengan syaraf kejepit – Mengenal perbedaan nyeri sakit punggung biasa dengan sakit punggung karena syaraf kejepit.Nyeri punggung bisa diderita hampir semua kalangan dari yang muda seperti remaja sampai orang tua yang sudah lanjut usia. Kondisi ini adalah kondisi paling umum yang sering kita temui dan rasakan oleh kita semua.

Umumnya kondisi nyeri punggung ini hanya akan dirasakan beberapa saat. Biasanya setelah melakukan gerakan seperti terlalu lama berdiri, terlalu lama duduk ataupun setelah mengangkat beban yang berat kita akan mengalami kondisi ini dan akan membaik dan sembuh dengan sendirinya.

Tapi ternyata tidak semua nyeri punggung itu karena pegal-pegal yang dirasakan setelah aktivitas mengangkat beban berat, terlalu lama berdiri atau duduk dan lainnya, apabila kondisi nyeri punggungnya lama, bisa jadi itu bukan nyeri punggung biasa tapi karena syaraf kejepit.

Lalu apa perbedaan nyeri punggung biasa dengan nyeri punggung karena syaraf kejepit?

Kali ini aku akan sedikit menjabarkan perbedaan keduanya.

perbedaan nyeri punggung biasa dengan syaraf kejepit
perbedaan nyeri punggung biasa dengan syaraf kejepit

Nyeri punggung biasa

Nah, untuk nyeri punggung biasa gejalanya dapat dirasakan dengan adanya sakit pada bagian punggung bawah, mulai dari bawah tulang rusuk hingga area pinggang.

Di awal akan terasa pegal di pinggang, tapi lama-lama akan terasa menusuk sehingga punggung terasa sulit untuk digerakkan ataupun dibuat berdiri tegak.

Nyeri punggung ini biasa terjadi setelah kita melakukan pekerjaan yang berat ataupun setelah berada dalam kondisi duduk atau berdiri yang lama. Kondisi ini akan sembuh dan membaik dengan sendirinya.

Tapi jika lebih dari 24 jam kondisi ini tak kunjung membaik, sebaiknya periksakan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih jauh dan lebih baik.

Nyeri punggung karena syaraf terjepit 

Nah kalau nyeri punggung karena syaraf kejepit bisa terjadi beberapa gejala yang dirasakan, diantaranya:

BACA INFO LAIN  Kisah sembuhnya bapak saya dari awalnya lumpuh

-Rasa sakit dan mati rasa, sering terjadi di satu sisi badan.

-Rasa sakitnya meluas ke lengan atau tungkai badan.

-Rasa sakitnya memburuk saat malam hari atau hanya karena adanya gerakan tertentu. Seperti setelah berdiri atau duduk.

-Rasa sakitnya saat berjalan akan terasa sebentar saja.

-Lemah otot yang berlebihan.

-Kesemutan, sakit ataupun ada sensasi terbakar di daerah yang kena.

-Rasa sakitnya berkepanjangan dan tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

Apa itu syaraf kejepit?

Dalam medis syaraf kejepit dikenal dengan hernia nucleus pulposus (HNP). Syaraf yang terjepit diakibatkan oleh gangguan syaraf yang mengakibatkan adanya lapisan atau bantalan yang menonjol di permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar ruas belakang.

Lapisan atau bantalan yang menonjol itu dapat menekan saraf sehingga bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa hebat. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tulang belakang kita, dari leher sampai ke punggung bawah.

Kebanyakan sekitar 90% kasus syaraf kejepit ini terjadi di bagian punggung bawah atau biasa disebut dengan HNP lumbalis.

Dari paparan sebelumnya bisa kita ketahui perbedaan nyeri punggung biasa dengan nyeri punggung karena syaraf kejepit itu dari perbedaan jenis, lokasi timbulnya nyeri, dan tingkat keparahan rasa nyeri yang dapat dirasakan.

Dengan informasi dan paparan tersebut kita bisa mengetahui beberapa gejala yang ditimbulkan oleh masing-masing kondisi.

Nyeri punggung memang terasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu, tapi kondisi ini akan membaik dengan sendirinya. Jadi hindarilah gerakan yang memicu nyeri punggung.

Dan untuk syaraf kejepit jika kedepannya terjadi beberapa gejala seperti gejala syaraf kejepityang dipaparkan, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

Oke sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *