Terapi Fisik untuk Saraf Terjepit

Ada beberapa langkah terapi yang bisa ditempuh untuk keluhan saraf kejepit baik itu secara medis, herbal dan terapi fisik seperti dengan tenaga jaringan dalam dengan menggunakan aliran listrik yang sudah di set sesuai kebutuhan.

Terapi fisik merupakan peran utama dalam pemulihan saraf terjepit. Metodenya tidak hanya menawarkan penghilang rasa sakit yang segera, tetapi mereka juga mengajarkan Anda bagaimana mengkondisikan tubuh Anda untuk mencegah cedera lebih lanjut. Ada berbagai teknik terapi fisik. Perawatan pasif merilekskan tubuh Anda. Contohnya adalah pijat jaringan dalam, terapi panas dan dingin, stimulasi listrik (misalnya, TENS), dan hidroterapi.

Perawatan Fisik Pasif untuk SarafTerjepit

Program terapi fisik Anda biasanya akan dimulai dengan perawatan pasif. Lalu begitu tubuh Anda sembuh, Anda akan memulai perawatan aktif yang memperkuat tubuh Anda dan mencegah rasa sakit lebih lanjut. Terapis fisik Anda akan bekerja dengan Anda untuk menyusun rencana yang paling cocok untuk Anda.

Syaraf Kejepit

1.Pijat Jaringan Dalam

Ada lebih dari 100 jenis pijatan, tetapi pijatan jaringan dalam adalah pilihan ideal jika Anda menderita saraf terjepit karena pijatan ini menggunakan banyak tekanan untuk meredakan ketegangan dan kejang otot dalam, yang bertujuan untuk mencegah gerakan otot di daerah yang terkena.


 2. Terapi Air Panas Dan Air Dingin

Baik terapi air panas maupun air dingin, sama-sama menawarkan serangkaian manfaatnya sendiri. Terapis fisik mungkin akan melakukan selang-seling untuk mendapatkan hasil terbaik.

Terapi fisik mungkin menggunakan panas untuk meningkatkan aliran darah ke area target. Darah membantu menyembuhkan area dengan memberikan oksigen dan nutrisi tambahan. Darah juga menghilangkan produk samping limbah dari kejang otot.

Sebaliknya, terapi dingin (juga disebut cryotherapy) memperlambat sirkulasi. Ini mengurangi peradangan, kejang otot dan rasa sakit. Terapis fisik Anda dapat menempatkan kompres es di area target, memberi Anda pijatan, atau bahkan menggunakan semprotan yang dikenal sebagai fluoromethane untuk mendinginkan jaringan yang meradang.

3.Hidroterapi

Seperti namanya, hidroterapi melibatkan air. Sebagai perawatan pasif, Anda cukup duduk di bak pusaran air atau pancuran air hangat. Hidroterapi akan mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot dengan perlahan.

4.Stimulasi Saraf Listrik transkutan:

Mesin ini menggunakan arus listrik untuk merangsang otot Anda. Kedengarannya agak menakutkan, tetapi kenyataannya tidak menyakitkan. Elektroda yang di tempel di kulit Anda mengirimkan arus listrik kecil ke titik-titik penting di jalur saraf. Metode ini mengurangi kejang otot dan umumnya dipercaya memicu pelepasan endorfin, yang merupakan pereda rasa sakit alami tubuh Anda.

BACA INFO LAIN  Obat-Obatan dan Suntikan Tulang Belakang untuk Saraf Terjepit

5.Tenaga Tarik

Tujuan menarik saraf anda adalah untuk mengurangi efek gravitasi pada tulang belakang. Dengan menarik tulang secara perlahan, tujuannya adalah untuk mengurangi saraf terjepit. Analogi ini mirip seperti ban kempes yang “menghilang” ketika Anda meletakkan dongkrak di bawah mobil dan mengambil tekanan dari ban. Metode ini dapat dilakukan di tulang belakang servikal atau lumbar.

Perawatan Aktif

Perawatan aktif membantu mengatasi kelenturan, postur, kekuatan, keseimbangan inti, dan pergerakan sendi. Program latihan juga dapat direncakan untuk mencapai hasil yang optimal. Perawatan ini tidak hanya akan mengurangi rasa sakit yang berulang, tetapi juga akan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Terapis fisik Anda akan bekerja dengan Anda untuk mengembangkan program berdasarkan diagnosis spesifik dan riwayat kesehatan Anda.

1.Keseimbangan Inti

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya inti yang kuat bagi kesehatan tulang belakang mereka. Otot inti (perut) Anda membantu otot punggung mendukung tulang belakang Anda. Ketika otot-otot inti Anda lemah, hal ini akan memberi tekanan ekstra pada otot-otot punggung Anda. Terapis fisik Anda dapat mengajarkan Anda latihan keseimbangan inti untuk memperkuat punggung Anda.

2.Kelenturan

Mempelajari teknik peregangan dan fleksibilitas yang tepat akan mempersiapkan Anda untuk memulai aerobik dan latihan kekuatan. Kelenturan membantu tubuh Anda bergerak lebih mudah dengan menangkal kekakuan. Dan efektif untuk pengobatan syaraf kejepit menahun

3.Hidroterapi

Berbeda dengan yang hanya duduk di bak mandi air panas, terapi hidroterapi aktif dapat melibatkan aerobik air untuk membantu mengkondisikan tubuh Anda tanpa tekanan yang tidak perlu.

4.Menguatkan otot

Otot yang kuat adalah sistem pendukung yang bagus untuk tulang belakang Anda sehingga bisa menangani rasa sakit dengan lebih baik.

Terapis fisik akan mengajarkan Anda cara untuk mengkondisikan dan memperkuat punggung Anda untuk membantu mencegah rasa sakit di masa yang akan mendatang. Anda dapat mempelajari perawatan-perawatan ini sehingga Anda tahu cara terbaik untuk mengobati gejala Anda. Tujuan utama dari terapi fisik adalah agar Anda dapat mengembangkan pengetahuan untuk mempertahankan gaya hidup yang bebas dari rasa sakit.

Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara latihan fisik dan mengkondisikan tubuh Anda setelah sesi terapi fisik berakhir. Jika Anda tidak menerapkan apa yang dipelajari selama terapi fisik, Anda tidak akan menikmati hasilnya dalam jangka panjang. Dengan merawat punggung Anda sendiri, Anda dapat mencegah saraf terjepit lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *