Terapi laser untuk penderita HNP

Terapi Laser Untuk Penderita Syaraf Kejepit –Pengalaman syaraf kejepit merupakan sakit yang cukup menyiksa. Nyeri yang tak kunjung sembuh pada bagian tertentu misalnya punggung, lengan maupun lutut dapat membuat beberapa bagian tubuh tidak berfungsi. Jika tak segera diatasi pasien akan terus merasa sakit dan akan mengganggu aktivitas sehari-sehari. Jika pengobatan herbal, akupuntur atau obat-obatan tidak bisa menyembuhkan maka dokter akan menyarankan beberapa penanganan. Beberapa penanganan sudah pernah dilakukan seperti operasi pemasangan disk agar struktur tulang kembali normal dan benjolan hilang. Namun ada juga prosedur yang disarankan oleh dokter yaitu terapi Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD). Lalu seperti apa terapi tersebut? berikut ini adalah penjabarannya.

Pengertian Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)

Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD) adalah sebuah prosedur laser yang digunakan untuk mengobati rasa nyeri atau disebut HNP. PLDD menggunakan laser untuk memperkecil disk yang menonjol akibat HNP. Proses ini cukup popular di dunia ortopedi karena memiliki beberapa keuntungan yang tidak didapatkan dalam proses kedokteran lainnya seperti operasi. Tak hanya di Indonesia, prosedur ini juga dilakukan di luar negeri. Dengan teknologi panas beberapa ribu joule dapat memperkecil tonjolan dan bantalan dapat duduk pada tempatnya. Prosedur ini memiliki tingkat 80% keberhasilan yang sama dengan proses operasi yang memliki tingkat keberhasilan 80-90%.

Prosedur Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)

Proses yang dilakukan saat Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD) tidak memakan waktu terlalu lama. Prosedurnya hanya one day care dimana proses observasinya hanya 1-2 jam. Prosedur yang dilakukan adalah pasien akan ditengkurapkan pada meja operasi dimana proses gambar atau marking dilakukan. Dokter akan menandai titik yang akan disuntik setelah dilakukan observasi sebelumnya. Penandaan ini berfungsi agar lebih mudah menentukan tempat untuk dilakukan penyuntikan. Penyuntikan dengan jarum suntik dimana jarum duntik tersebut akan disambungkan pada tip laser ke mesin laser. Dengan proses heatingpada bantalan sendi tulang belakang diharapkan tonjolan yang disebabkan oleh HNP semakin mengecil dan hilang.

BACA INFO LAIN  Macam Macam Syaraf Kejepit Pengalaman Pribadi

terapi laser untuk syaraf kejepit

Keuntungan Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)

Proses yang sudah dijalani oleh 80 ribu orang di dunia ini, memiliki banyak keuntungan selain memiliki prosentase kesembuhan sama seperti proses operasi. Dengan proses Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD) pasien tidak perlu memiliki bekas luka karena proses ini tanpa dilakukan penyayatan bagian tertentu. Selain itu, dalam proses lasernya tak membutuhkan waktu yang lama sehingga pasien tidak perlu rawat inap di rumah sakit. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan tidak banyak dan akan lebih hemat. Proses penyembuhan sesudah operasi juga terhitung lebih cepat, efek samping ringan dan tidak merusak jaringan-jaringan yang ada disekitar proses laser tersebut seperti otot, ligament ataupun struktur tulang belakang.

Namun satu hal yang harus diingat adalah, teknologi yang sudah ada dari tahun 2000-an ini diperuntukkan untuk HNP tahap ringan. Artinya proses ini hanya bisa dilakukan jika cincin annulus fibrosus belum mengalami robekan. Jika sudah robek memang penanganan yang tepat adalah operasi. Oleh karena itu dibutuhkan konsultasi ke dokter beserta observasi awal untuk menentukan prosedur apa yang sesuai dengan sakit yang diderita pasien syaraf kejepit agar bisa sembuh tanpa operasi.

HNP memang bukan penyakit menyeramkan dibanding penyakit lainnya tapi saat merasakannya, HNP bisa berakibat hilangnya fungsi tubuh. Untuk itu perlu adanya observasi juntuk menilai apakah prosedur ini layak dilakukan untuk penderita HNP dengan kriteria tertentu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *